UJIAN TENGAH SEMESTER GANJIL - PENGANTAR SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI KAMPUS ITBI MILENIAL

 

Nama            : Doni Sugianto Sihotang

NIM               : 20040102

Jurusan         : Teknik Informatika

Kelas              : Siang

 

1. Jelaskan yang kamu pahami tentang Sistem dan Teknologi Informasi beserta Tujuan nya!
2. Jelaskan bagian-bagian infrastruktur Teknologi Informasi!
3. Jelaskan Fungsi Kontrol dan Aliran Data pada Komputer!
4. Carilah 2 contoh kejahatan Komputer yang sedang banyak terjadi saat ini, analisislah masalahnya dan berikan tanggapanmu!
5. Jelaskan Komponen-komponen Hardware beserta sistem kerja masing-masing!
6. Apa peranan software bagi sistem operasi komputer? Jelaskan pula hubungannya dengan Program
Utility!
7. Jelaskan hubungan Jaringan dengan Internet!
8. Tuliskan contoh-contoh media komunikasi, serta jelaskan pemahaman kamu tentang media-media
tersebut!
9. Apa peranan Internet, Ekstranet, dan Intranet bagi Sistem dan Teknologi Informasi?
10. Carilah salah satu software pada Komputer, analisis lah cara kerjanya beserta fungsinya pada
Komputer!

 

Jawab:

 1. Yang saya pahami tentang Sistem dan Teknologi Informasi adalah gabungan dari dua ilmu yaitu Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. Sistem Informasi didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari keseluruhan sistem yang berhubungan dengan komputer digunakan untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalis dan menyebarkan informasi. Adapun Teknologi Informasi adalah ilmu yang mempelajari studi perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer dan perangkat teknologi lainnya yang digunakan untuk mengubah, menyimpan, memproses, melindungi, mentransmisikan dan memperoleh informasi secara aman.

Dari kedua pengertian diatas dapat dipahami keduanya memiliki hubungan yang erat, bahkan Teknologi Informasi sering dianggap sub-bagian dari ilmu teknis dari Sistem Informasi. Pada dasarnya kedua ilmu tersebut memiliki persamaan namun tetap memiliki perbedaan. Oleh karena persamaan biasanya kedua ilmu tersebut disatukan dalam satu paket mata kuliah pengantar atau bahkan satu jurusan terpadu yaitu Jurusan Sistem dan Teknologi Informasi. Adanya perbedaan juga sering menjadikan kedua ilmu tersebut dipisah misalnya Jurusan Ilmu Sistem Informasi atau Jurusan Ilmu Teknologi Informasi yang dikenal dengan Teknik Informatika. Namun yang jelas, kedua ilmu tersebut akan mempelajari matakuliah Sistem dan Teknologi Informasi.

Adapun tujuan dari Sistem dan Teknologi Informasi adalah:

Tujuan Teknologi Informasi adalah untuk memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam melakukan pekerjaan. Jadi dapat dikatakan karena dibutuhkannya pemecahan masalah, membuka kreativitas dan efisiensi manusia dalam melakukan pekerjaan, menjadi penyebab atau acuan diciptakannya teknologi informasi. Dengan adanya teknologi informasi membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan efisien.

Sekian pembahasan mengenai pengertian teknologi informasi, fungsi teknologi informasi dan tujuan teknologi informasi, semoga tulisan saya mengenai pengertian teknologi informasi, fungsi teknologi informasi dan tujuan teknologi informasi dapat bermanfaat.

 

Tujuan dari sistem informasi adalah menghasilkan informasi. Sistem informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang berguna bagi para pemakainya. Data yang diolah saja tidak cukup dapat dikatakan sebagai suatu informasi. Untuk dapat berguna, maka informasi harus didukung oleh tiga pilar sebagai berikut: tepat kepada orangnya atau relevan (relevance), tepat waktu (timeliness), dan tepat nilainya atau akurat (accurate). Keluaran yang tidak didukung oleh tiga pilar ini tidak dapat dikatakan sebagai informasi yang berguna, tetapi merupakan sampah (garbage).

 

2. Bagian-Bagian Infrastruktur Teknologi Informasi terdiri atas:

    a. Perangkat Keras (Hardware)

Perangkat keras komputer adalah bagian dari sistem komputer sebagai perangkat yang dapat diraba, dilihat secara fisik, dan bertindak untuk menjalankan instruksi dari perangkat lunak (software). Perangkat keras komputer juga disebut dengan hardware. Hardware berperan secara menyeluruh terhadap kinerja suatu sistem komputer.

 

    b. Perangkat Lunak (Software)

Perangkat lunak atau software adalah sekumpulan data elektronik yang tersimpan dan dikendalikan oleh perangkat komputer. Data elektronik tersebut meliputi instruksi atau program yang nantinya akan menjalankan perintah khusus. Perangkat lunak juga disebut sebagai bagian sistem dalam komputer yang tidak memiliki wujud fisik yang diinstal dalam sebuah komputer atau laptop agar bisa dioperasikan.

 

    c. Jaringan dan Komunikasi

Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan dari komputer-komputer atau peralatan-peralatan yang terhubung bersama dalam sebuah perangkat komunikasi dan media transmisi. Komunikasi komputer adalah sebuah proses dimana dua atau lebih komputer atau perangkat saling bertukar data, instruksi dan informasi.

 

    d. Basis Data (Database)

Basis Data terdiri dari kata basis dan data. Basis dapat diartikan sebagai markas atau gudang. Sedangkan data adalah catatan atas kumpulan fakta dunia nyata yang mewakili objek seperti manusia, barang, hewan, konsep, peristiwa dan sebagainya yang diwujudkan dalam bentuk huruf, angka, simbol, gambar, teks, bunyi atau kombinasinya.

 

    e. Information Management Personnel

Personal information management (PIM) merupakan konsep yang mengatur keseluruhan tentang pengelolaan informasi. PIM adalah salah satu teknologi penyimpanan, pengelolaan dan berbagi baik itu foto, artikel, jurnal, berita baru dan lainya dengan praktis yang dapat digunakan oleh komunitas belajar, Dalam hal ini William J dan Harry B (2005) menjelaskan, Personal Information Management mengacu baik praktek dan studi tentang kegiatan orang melakukan dalam rangka untuk memperoleh, mengatur, memelihara dan mengambil informasi untuk penggunaan sehari-hari.

 

3. Fungsi Kontrol dan Aliran Data pada Komputer

Kontrol pada komputer berfungsi untuk melaksanakan tugas pengawasan dan pengendalian seluruh sistem komputer. Ia berfungsi seperti pengatur rumah tangga komputer, memutuskan urutan operasi untuk seluruh sistem, membangkitkan dan mengendalikan sinyal-sinyal kontrol untuk menyesuaikan operasi-operasi dan arus data dari bus alamat (address bus) dan bus data (data bus), serta mengendalikan dan menafsirkan sinyal-sinyal kontrol pada bus kontrol (control bus) dari sistem komputer. Control Unit juga bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Control unit mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output. Control Unit mengartikan instruksi-instruksi dari program komputer, membawa data dari alat input ke main memory, mengambil data dari main memory untuk diolah. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, control unit mengirim instruksi tersebut ke aritmetic and logic unit. Hasil dari pengolahan data ini dibawa oleh control unit ke main memory lagi untuk disimpan.

 

Fungsi Aliran Data pada Komputer

Aliran data pada komputer memiliki fungsi siklus pengolahan yang pasti. Siklus pengolahan itu sendiri mengacu kepada makna dari arti komputer itu sendiri. Ada tiga pokok dalam siklus pengolahan data dengan menggunakan komputer tersebut, yaitu input, proses, dan output. Sedangkan untuk proses sendiri, pemroses dibantu oleh beberapa bagian lain, yaitu program serta penyimpan (storage).

Input : Data yang akan di proses atau dibuat.

I/O : Input / Output.

Proses : Pengolahan data yang dimasukkan.

Memori : Tempat menyimpan data sementara pada saat data diproses.

Storage : Tempat menyimpan data secara permanen seteah diproses.

Output : Hasil dari proses yang berupa tampilan, suara, cetakan.

 

 4. Contoh Kejahatan Komputer Yang Sering Terjadi dan Tanggapan

     a. Data Theft /Mencuri Data 

Kegiatan memperoleh data komputer secara tidak sah, baik untuk digunakan sendiri ataupun untuk diberikan kepada orang lain. Identity theft merupakan salah satu dari jenis kejahatan ini yang sering diikuti dengan kejahatan penipuan (fraud). Kejahatan ini juga sering diikuti dengan kejahatan data leakage.

 

Analisis masalah: Pencurian data atau Data Theft adalah kejahatan komputer yang sering kali terjadi, beberapa motivasi pencurian data dilakukan untuk menggunakan data tersebut sebagai akses utama ke akun-akun pribadi si pemilik seperti tabungan atau akun yang sifatnya menyimpan uang dengan begitu uang tersebut dapat dicuri yang terhubung dengan komputer pemilik. Selain digunakan untuk sendiri, pencurian data juga dilakukan untuk dijual ke orang-orang yang mau membeli data tersebut. Sebenarnya pencurian data-data tersebut tidak dapat dilakukan dengan mudah tanpa trick atau cara khusus yang mereka lakukan, misalnya menggunakan data-data umum yang mudah di dapatkan untuk melakukan hacking, atau menipu orang tersebut dengan iming-iming yang menguntungkan agar mendapat data-data penting.

 

Tanggapan: Saya sangat menyayangkan dan mengecam tindakan kejahatan ini karena selain menyalahi kode etik penggunaan komputer juga merugikan orang lain. Saya sangat menyarankan agar UU ITE secara tegas dan masif memberantas dan melacak pelaku-pelaku kejahatan dan memberikan hukuman berat agar memberikan efek jera kepada pelaku. Selain itu kepada pemilik data harus dengan sangat hati-hati untuk menjaga datanya agar tidak diketahui oleh orang-orang tidak dikenal, tidak terlalu percaya kepada orang lain dengan segala penawaran bantuan  apapun dan iming-iming keuntungan apapun.

 

   b. Illegal Access / Akses Tanpa Ijin ke Sistem Komputer

Dengan sengaja dan tanpa hak melakukan akses secara tidak sah terhadap seluruh atau sebagian sistem komputer, dengan maksud untuk mendapatkan data komputer atau maksud-maksud tidak baik lainnya, atau berkaitan dengan sistem komputer yang dihubungkan dengan sistem komputer lain. Hacking merupakan salah satu dari jenis kejahatan ini yang sangat sering terjadi.

Analisis masalah: Akses ilegal sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kejahatan yang pertama, karena akses ilegal ini adalah cara yang dilakukan untuk mencuri data-data yang terkomputerisasi. Namun akses ilegal ini sebenarnya bukan hanya dilakukan untuk pencurian data, bisa juga pemalsuan data, mata-mata atau mengubah data input. Akses ilegal ini juga tidak beda kasusnya dengan pencurian data. Hal ini bisa terjadi karena si pelaku memiliki kesempatan untuk mengetahui sejumlah data dari korban, dan data tersebut tidak akan di dapat jika tidak kebocoran baik tidak disengaja maupu disengaja.

Tanggapan: kita harus berhati hati jika kita memasuki ke dunia maya atau sosmedia karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di kemasa depan nya maka mulai dari sekarang mari lah kita untuk berjaga jaga di sosmed dan berpikir fokus apa yang di download untuk menghindari kejadian akses ilegal yang bisa menghancurkan komputer atau data data di dalam komputer kita. 

 

5.  Komponen-komponen Hardware beserta sistem kerja masing-masing

    a. Central Processing Unit (CPU)

CPU merupakan singkatan dari Central Processing Unit, adalah perangkat keras komputer (harware) yang mana tugas si CPU ini adalah melaksanakan perintah dan mengolah data dari perangkat lunak. Atau CPU ini juga sering dikatakan otaknya komputer. CPU itu sendiri terdiri dari berbagai macam komponen seperti Motherboard, Processor, RAM, Hardisk, Hadsink dan lainnya.

Sistem Kerja

Pada saat suatu program akan dieksekusi atau  diproses, maka isi dari sebuah program tersebut yang berada di dalam harddisk akan di diambil dan di masukkan ke RAM. Control Unit membedakan instruksi dan data, instruksi ditempatkan ke Program-Penyimpanan sedangkan data ditempatkan di Working-Storage. Selanjutnya instruksi dan data itu di ambil oleh Control Unit di simpan di Register. Bila instruksi merupakan perhitungan logika atau aritmatika, maka ia dibawa ke ALU untuk diproses. Hasilnya akan ditampung di Accumulator. Dan Control Unit akan mengambilnya dan membawanya kembali ke RAM yang kemudian di tampilkan hasilnya ke alat output, seperti Monitor.

     b. Media Penyimpanan atau Memory

Memori atau yang disebut sebagai memori fisik ataupun memori internal adalah media yang menyimpan data atau informasi sementara pada komputer . Memori merupakan komponen yang penting didalam suatu komputer yang berada didalam CPU (Central Processing Unit). Memori ini akan menyimpan setiap program dan data yang diproses oleh prosesor.

Sistem Kerja

Instruksi pemecahan informasi yang lebih kompleks dapat digunakan untuk menyimpan suara, gambar, video dan beragam informasi lainnya. Nah, informasi yang disimpan dalam satu sel itulah yang disebut sebagai byte. Memori bisa ditulis dan dihapus berulang kali sesuai dengan penggunaannya.

Setiap alamat dari lokasi memori dituliskan dalam bilangan heksadesimal (basis 16). Kemudian, CPU akan melacak lokasi tersebut lalu membaca dan menulis data. Adapun, transistor dan kapasitor didalam chip memori, diatur dalam bentuk baris dan juga kolom. Memori internal komputer yang paling umum adalah RAM (Random Access Memory) yang mampu menyimpan data sementara secara optimal dikarenakan dapat mengambil dan menyimpan data dengan lebih cepat.

Penyimpan data sementara pada memori internal membutuhkan aliran listrik artinya komputer haruslah menyala. Ketika komputer mati maka data pun menghilang. Apa yang terjadi saat komputer dihidupkan? Nah, saat komputer dinyalakan, beban BIOS (Basic Input Output System) dari ROM (Read – Only Memory), dan kontroler memori, mengecek semua alamat memori guna memastikan tidak ada error di dalamnya.

Pada proses ini, BIOS akan menyediakan informasi dasar tentang perangkat penyimpanan, susunan boot, dan juga komponen lainnya. Kemuidan, sistem operasi akan dimuat dari hard drive ke sistem RAM sehingga memungkinkan CPU untuk mempunyai akses langsung ke sistem operasi. Jadi, setiap aplikasi yang dijalankan pada komputer akan dimuat ke dalam RAM. Dengan adanya memori komputer, maka proses transfer data dapat menjadi lebih cepat.

Memori internal komputer bekerja dengan melibatkan proses yang saling berhubungan diantara RAM dan ROM dengan CPU (Central Processing Unit) sebagai mediatornya. Beberapa orang menambahkan RAM tambahan kedalam komputernya agar komputernya dapat bekerja lebih baik dan lebih cepat sehingga mampu mendukung pekerjaan mereka.

     c. Input Device (Peralatan Input)

Input Device merupakan perangkat yang digunakan untuk memasukkan data ke komputer melalui perintah yang dijalankan oleh user. Komputer nyaris tidak bisa digunakan tanpa input device.

Sistem Kerja

Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer.

Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.

Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.

 

     d. Output Device (Peralatan Output)

Unit keluaran atau Output device merupakan komponen perangkat komputer atau laptop yang fungsinya adalah memperlihatkan hasil. Output device bertugas untuk menampilkan data yang sudah di proses oleh processor,  sebelumnya data di ambil oleh input device. Output device juga masuk dalam perangkat primer pada komputer karena tanpa perangkat ini komputer tidak akan bisa digunakan. Bayangkan saja kalau kamu mengetikkan nama kamu di keyboard komputer tetapi tidak muncul di layar.

Sistem Kerja tergantung dari alatnya

Output Device terdiri dari :

  • Monitor : dengan alat ini kita dapat melihat semua proses dalam computer, tanpa monitor sangat sulit kita untuk melakukan intruksi dan melakukan analisis data serta melihat hasil kerja dari computer. Paling banyak monitor CRT, yang lagi trend monitor LCD, mungkin monitor masa depan dengan proyektil hologram.

Fungsi                 : Untuk menampilkan gambar, film, dan Tulisan.

Cara Kerja          : Disini saya akan mengambil contoh Monitor jenis LCD (Liquid Cristal Display). LCD terbagi dari 2 bagian utama Yaitu backlight dan kristal cair. Backlight adalah sumber cahaya LCD yang biasanya terdiri dari 1 sampai 4 buah (berteknologi seperti) lampu neon. Lampu Backlight ini berwarna putih. Kristal cair akan menyaring cahaya backlight. Cahaya putih merupakan susunan dari beberapa ratus cahaya dengan warna yang berbeda. Beberapa ratus cahaya tersebut akan terlihat jika cahaya putih mengalami refleksi atau perubahan arah sinar. Warna yang akan dihasilkan tergantung pada sudut refleksi. Jadi jika beda sudut refleksi maka beda pula warna yang dihasilkan. Dengan memberikan tegangan listrik dengan nilai tertentu. Kristal cair dapat berubah sudutnya. Dan karena tugas kristal cair adalah untuk merefleksikan cahaya dari backlight maka cahaya backlight yang sebelumnya putih bisa berubah menjadi banyak warna. Kristal cair bekerja seperti tirai jendela. Jika ingin menampilkan warna putih kristal cair akan membuka selebar-lebarnya sehingga cahaya backlight yang berwarna putih akan tampil di layar. Namun Jika ingin menampilkan warna hitam. Kristal Cair akan menutup serapat- rapatnya sehingga tidak ada cahaya backlight yang yang menembus (sehingga di layar akan tampil warna hitam). Jika ingin menampilkan warna lainnya tinggal atur sudut refleksi kristal cair.

Komponen     : –  Backlight

–  Kristal Cair

  • Printer : ini merupakan alat untuk mencetak hasil olah digital computer ke lembar kertas. Bahkan telah ada printer yang dapat mencetak obyek dalam wujud 3 dimensi (benda) bukan dalam lembaran kertas. Jadi hasil print-nya berupa miniatur obyek 3D yang dirancang dalam komputer.

Fungsi                 : Merupakan alat pencetak dengan media kertas, hasil yang terdapat dalam computer adalah berbentuk softcopy agar bisa di lihat tanpa menggunkan computer maka perlu dicetak di kertas dengan printer.

Cara Kerja          : ada berbagai macam jenis printer disini saya akan menjelaskan salah satu jenis printer yaitu jenis Laser. Cara kerja  printer sebagai berikut :  Sebuah laser ditembakkan    sesuai dengan dot-dot yang akan dicetak. Spinning mirror menyebabkan dot-dot menyebar pada drum. Drum berputar pada garis selanjutnya. Drum ini adalah photosensitive, karena sinar laser, drum menjadi terisi muatan listrik dimanapun titik yang akan dicetak. Sejalan dengan drum yang terus bergerak, bagian terisi muatan dari drum melewati tangki yang berisi serbuk hitam yang dinamakan toner. Toner menempel ke drum pada bagian yang terisi muatan sehingga pola toner pada drum sesuai dengan image yang akan dicetak. Selembar kertas kemudian dilewatkan drum. Kawat yang terisi muatan listrik melapisi kertas. Ketika kertas kontak dengan drum, toner menempel pada kertas. Sejalan ketika kertas berputar pada drum, kertas melewati area panas dan tekanan yang  dinamakan fusing system/fuser. Fusing system ini berfungsi untuk melelehkan tinta ke kertas. Kemudian kertas keluar dari pinter. Di saat yang sama, permukaan drum melewati wire lain yang dinamakan corona wire. Corona wire ini me-reset charge pada drum, dan drum siap untuk halaman selanjutnya.

Komponen    :  –  Drum

–   Toner

–   Corona wire

–   Fuser

–   Laser scanner

–   Roller

  • Sound Speaker : ini alat untuk keluaran suara dari computer. Perkembangan soundcard semakin memanjakan telinga kita dengan dukungan sistem audio speaker yang berkualitas.

Fungsi                : Mengeluarkan suara dari computer / device lain. Baik itu musik,suara manusia dll.

Cara Kerja        : Ketika mendengarkan suara dari sound card,data digital suara yang berupa waveform .wav atau mp3 dikirim ke sound card. Data digital ini di proses oleh DSP (Digital Signal processing : Pengolah signal digital) bekerja dengan DAC (Digital Analog Converter :Konversi digital ke Analog ). Mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, yang kemudian sinyal analog diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker.

Komponen    :  – Speaker Sound

– DSP

– DAC

     e. Communication Device (Peralatan Komunikasi)

Peralatan Komunikasi (Communication Device) adalah sebuah perangkat keras yang dimana mampu mentranmisikan data, instruksi dan juga informasi diantara peralatan pengiriman dan peralatan juga penerima.

Sistem Kerja 

* Menerima pesan dari pengirim

* Mejadikan pesan tersebut dalam sinyal untuk dapat dikirim

* Mengirim sinyal ke alat penerima

* Alat penerima akan merubah kemabli sinya menjadi pesan yang diterima tujuan

 

6. Peranan software bagi sistem operasi komputer dan hubungannya dengan Program
Utility

Pada dasarnya Sistem Operasi adalah Software, sehingga software memiliki peranan penting bagi sistem operasi karena software berfungsi wadah berjalannya sistem operasi dan sistem operasi juga menjadi penerjemah bahasa manusia kepada software yang ingin dijalankan. Software juga memiliki hubungan dengan Program Utility yaitu perangkat yang digunakan software untuk memelihara atau memenejemen komputer, peralatannnya dan program-programnnya.

 

7. Hubungan Jaringan dengan Internet

Jaringan memiliki hubungan erat dengan internet, setiap alat elektronik yang ingin mengakses perangkat digital harus memiliki koneksi jaringan terhadap internet. Maka dari itu internet adalah sebuah jaringan namun tidak selalu jaringan itu berupa internet. Dari artinya, internet merupakan kependekan dari interconected networking yang memiliki arti harfiah "Jaringan interkoneksi". Dapat disimpulkan bahwa internet adalah salah satu jenis jaringan, contoh jaringan lain yang bukan intenet misalnya misalnya intranet dan ekstranet.


8. Contoh media komunikasi, serta Pemahaman kamu tentang media-media
tersebut

    a. Televisi 

Televisi adaalah salah satu media komunikasi massa yang menayangkan suatu peristiwa atau informasi yang bisa di dengar dan dilihat melalui kabel atau melalui angkasa yang diharapkan bisa mempengaruhi pemirsanya.

    b. Radio

Radio adalah alat elektronik yang digunakan sebagai media komunikasi dan informasi sebagai pemberi informasi atau stasiun radio adalah media tempat mengelola informasi yang menggunakan frekuensi sebagai media penyampaian informasinya.

    c. Intenet

Internet pada saat ini adalah media komunikasi paling praktis sehingga sudah tidak sedikit manusia telah menggunakan fasilitas komunikasi ini sebagai sarana penyampai pesan mereka, khususnya pada media sosial. Bahkan, semakin ke sini, perkembangan internet pun semakin canggih. Seperti ibarat, orang bisa mendapatkan uang hanya dengan duduk menatap layar komputernya. Atau orang cukup duduk ketika ia menginginkan sesuatu atau berbelanja. Tanpa perlu berjalan, manusia sudah bisa melakukan aktivitasnya.

 

9. Peranan Internet, Ekstranet, dan Intranet bagi Sistem dan Teknologi Informasi

    a. Peranan Internet bagi Sistem dan Teknologi Informasi 

Kebutuhan akan Informasi dan komunikasi merupakan cikal bakal terjadinya internet. Dengan menggunakan internet kita dapat mengetahui berbagai informasi dan berkomunikasi dengan orang-orang di seuruh dunia. Dari situlah teknologi untuk mendapatkan informasi berkomunikasi dengan orang di seluruh dunai selalu ditingkatkan. Contoh sederhanananya handphone. Banyak sekali handphone berteknologi tinggi diciptakan untuk mempermudah penggunanya mengakses informasi dan berkomukasi. Kemudahan itulah yang membuat internet sebagai patokan penting dalam dunia teknologi saat ini.

    b. Peranan Intranet bagi Sistem dan Teknologi Informasi 

Secara umum intranet tidak ada bedanya dengan internet, hanya saja digunakan dalam internal perusahaan, kantor, bahkan warnet pun dapat di kategorikan intranet. Antar Intranet dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya melalui Internet yang memberikan sambungan komunikasi jarak jauh. Akan tetapi sebetulnya sebuah Intranet tidak perlu sambungan ke Internet untuk berfungsi secara benar. intranet menggunakan semua protokol TCP/IP Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya, klien dan server. intranet dikelola oleh departemen komunikasi, HR atau CIO organisasi besar, atau kombinasinya. Kebutuhan intranet memiliki peranan :

  • Intranet menjadi alat bantu untuk meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan informasi secara aman dikalangan internal pengguna
  • Intranet mampu menurunkan biaya atas kebutuhan informasi.
  • Intranet mendapat banyak keuntungan karena adanya dukungan world wide web yang memungkinkan penggunaan yang luas karena digunakan masyarakat luas yang menggunakan internet. Caranya adalah dengan membuat website. Intranet menjadi tren saat ini karena kefleksibelan webnya yang mudah digunakan dalam penyebaran informasi.

    c. Peranan Ekstranet bagi Sistem dan Teknologi Informasi 

Peranan ekstranet sebenarnya tidak berbeda dengan internet dan intranet, hanya saja ekstranet memiliki keamanan yang lebih tinggi dan lebih rendah biayanya atas penyimpanan dan kebutuhan informasi.

10. Analisis Cara Kerja dan Fungsi salah satu software pada Komputer

Salah contoh software yang saya ambil disini adalah Sistem Operasi Linux

Cara Kerja

Berikut adalah penjabaran mekanisme kerja sistem operasi linux terutama pada operasi input output:

    a. Proses Input Output

Sebuah proses sistem operasi memerlukan Input dan Output termasuk pada sistem operasi Linux. Instruksi (command) yang diberikan pada Linux melalui Shell disebut sebagai eksekusi program yang selanjutnya disebut proses. Setiap kali instruksi diberikan, maka Linux kernel akan menciptakan sebuah proses dengan memberikan nomor PID (Process Identity). Proses dalam Linux selalu membutuhkan Input dan menghasilkan suatu Output.

Dalam konteks Linux input/output adalah :

  • Keyboard (input)
  • Layar (output)
  • Files
  • Struktur data kernel
  • Peralatan I/O lainnya (misalnya Network)

    b. File Descriptor

Linux berkomunikasi dengan file melalui file descriptor yang direpresentasikan melalui angka yang dimulai dari 0, 1, 2 dan seterusnya. Tiga buah file descriptor standar yang lalu diciptakan oleh proses adalah :

  • 0 = keyboard (standar input)
  • 1 = layar (standar output)
  • 2 = layar (standar error)

Linux tidak membedakan antara peralatan hardware dan file, Linux memanipulasi peralatan hardware sama dengan file.

    c. Pembelokan (Redirection)

Pembelokan dilakukan untuk standard input, output dan error, yaitu untuk mengalihkan file descriptor dari 0, 1 dan 2. Simbol untuk pembelokan adalah :

  • 0< atau < pengganti standard input
  • 1> atau > pengganti standard output
  • 2> pengganti standard error

    d. Pipa (Pipeline)

Mekanisme pipa digunakan sebagai alat komunikasi antar proses. Input Þ Proses1 Þ Output = Input Þ Proses2 Þ Output Proses 1 menghasilkan output yang selanjutnya digunakan sebagai input oleh Proses 2. Hubungan output input ini dinamakan pipa, yang menghubungkan Proses 1 dengan Proses 2 dan dinyatakan dengan symbol “|”. Proses1 | Proses2.

    e. Filter

Filter adalah utilitas Linux yang dapat memproses standard input (dari keyboard) dan menampilkan hasilnya pada standard output (layar). Contoh filter adalah cat, sort, grep, pr, head, tail, paste dan lainnya.

Pada sebuah rangkaian pipa : P1 | P2 | P3 ……. | Pn-1 | Pn. Maka P2 sampai dengan Pn-1 mutlak harus utilitas Linux yang berfungsi sebagai filter. P1 (awal) dan Pn (terakhir) boleh tidak filter. Utilitas yang bukan filter misalnya who, ls, ps, lp, lpr, mail dan lainnya. Beberapa perintah Linux yang digunakan untuk proses penyaringan antara lain :

  • Perintah grep

Digunakan untuk menyaring masukannya da n menampilkan baris-baris yang hanya mengandung pola yang ditentukan. Pola ini disebut regular expression.

  • Perintah wc

Digunakan untuk menghitung jumlah baris, kata dan karakter dari baris-baris masukan yang diberikan kepadanya. Untuk mengetahui berapa baris gunakan option –l, untuk mengetahui berapa kata, gunakan option –w dan untuk mengetahui berapa karakter, gunakan option –c. Jika salah satu option tidak digunakan, maka tampilannya adalah jumlah baris, jumlah kata dan jumlah karakter.

Fungsi

    a. Multi-tasking

Sebagai sistem operasi yang dikelola pengguna, sistem operasi dapat menjalankan program secara bersamaan tanpa menimbulkan masalah.

    b. Multi-programming

Seperti yang kita ketahui, tugas sistem operasi itu sendiri adalah mengelola sumber daya dan fungsi perangkat sehingga fungsi ini memberikan akses sistem operasi ke sumber daya tersebut.

    c. Multi-Processing

Sistem operasi dapat menjalankan prosesor dengan berbagai macam cpu secara bersamaan

    d. Time-Sharing

Dengan sistem operasi ini, dapat menjalankan model multiuser yang secara bersamaan menggunakan CPU dan secara otomatis menetapkan alokasi waktu antara pengguna untuk mengakses layanan.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS MANDIRI I - PENGANTAR DAN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI KAMPUS MILENIAL ITBI

TUGAS MANDIRI VI - PENGANTAR DAN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI KAMPUS MILENIAL ITBI

UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL - PENGANTAR DAN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI KAMPUS MILENIAL ITBI