TUGAS MANDIRI V - PENGANTAR DAN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI KAMPUS MILENIAL ITBI
Nama : Doni Sugianto Sihotang
NIM : 20040102
Jurusan : Teknik Informatika
Kelas : Siang
Soal:
Buatlah ringkasan dari pertemuan 1-11 dari slide yang sudah diajarkan/diberikan kedalam blog masing-masing!
Pertemuan 1 : Pengantar Teknologi Informasi
Pertemuan 2 : Komputer
Pertemuan 3 : Hardware
Komponen pada hardware ialah :
- Central Processing Unit(CPU)
CPU memiliki komponen yang terdiri dari Control Unit dan Arithmatic Logic Unit (ALU). Jenis proses dari CPU yaitu serial processing, parallel processing, dan pipeline processing. Tahapan proses pada CPU adalah pengambilan instruksi → penerjamahan instruksi → ekseskusi instruksi →penulisan hasil instruksi.
- Media Penyimpanan atau Memory
- Primary Storage
• DRAM (Dynamic RAM)
• SRAM (Static RAM)
• EDORAM (Extended Data Out RAM)
• SDRAM
» ROM (Read Only Memory)
• Prom
• Eprom
• Eeprom
» Circuit Board
» Cache Memory (Flash RAM)
» Video Memory (VRAM)
Karakteristik dari media penyimpanan
- Kecepatan
- Volatility
- Metode Akses
- Portability
- Capacity
- Input Device (Peralatan Input)
- Keyboard
- Pointing Device
- Terminal
- Output Device (Peralatan Output)
- Visual Display (monitor)
- Printer
- Plotter
- Computer Output Microfilm (COM)
- Audio Response Unit (ARU)
- Communication Device (Peralatan Komunikasi)
> Modem (Modulation Demodulation)
» External vs Internal Modem
» Smart Modem
» Fax modem
Pertemuan 4 : Software dan Tipe Komputer
Program adalah sekumpulan instruksi yang digunakan untuk memerintah/mengendalikan komputer. Seseorang yang program membangun aplikasi atau software sistem disebut dengan programmer.
Software sistem adalah Program yang mengendalikan operasi-operasi dan peralatan-peralatan pada komputer. Software application adalah Program-program yang digunakan keperluan tertentu. Graphical User Interface (GUI) adalah peralatan-peralatan pada komputer digunakan untuk berinteraksi dengan software berbasis grafik dan ikon. Dan berfungsi mengendalikan bagaimana cara memasukan data dan bagaimana menampilkan informasi dilayar monitor.
Komputer memiliki beberapa kategori yaitu :
• Personal Computers (desktop)
Dibuat sehingga semua komponen dapat diletakkan di bawah meja. Terdapat dua jenis personal computers yang terkenal adalah
> Mobile computers and mobile devices
Bentuk yang kecil hingga dapat digenggam biasanya digunakan oleh pegawai/pekerja yang mobile.
• Midrange
• Mainframe computers
• Supercomputers
Pertemuan 5 : Telekomunikasi dan Jaringan
A. Telekomunikasi
- Sistem Telekomunikasi
> Perangkat Keras
> Media Komunikasi
> Jaringan Komunikasi
> Perangkat Lunak Komunikasi
> Penyedia Komunikasi Data
> Protokol Komunikasi
> Aplikasi Komunikasi
- Fungsi Sistem Telekomunikasi
> Media Telekomunikasi
> Prosesor Komunikasi Processor
> Channel dan Media Komunikasi
- Aplikasi Telekomunikasi
» Pesan Elektronik
» Videoconferencing
» Pertukaran Data Elektronik (Electronic Data Interchange / EDI)
» Transfer Dana Elektronik (Electronic Fund Transfer/ EFT)
»Facsimiles
» Distance Learning
B. Jaringan
Jaringan terdiri dari Jaringan Area Lokal (Local Area Network) dan Wide Area Networks. Sistem Operasi pada jaringan ialah :
- Perangkat Lunak Manajemen
- Protokol
» Ethernet
» TCP/IP
» Komunikasi diantara Protocol
- Tipe Transmisi Data
» Packet Switching
» Frame Relay
» FDDI
» ATM
» dan lain-lain
Pertemuan 6 : Jaringan dan Internet
Jaringan adalah kumpulan dari komputer-komputer dan perangkat-perangkat yang saling terhubung. Sedangkan internet adalah kumpulan jaringan komputer di seluruh dunia yang menghubungkan jutaan komputer. Dengan mengakses internet pengguna dapat berkomunikasi,mendapat informasi,bisa berbelanja,menginvertasi dan perbankan,dan sebagai hiburan.
Pertemuan 7 : UTS
Pertemuan 8 : E-Commerce
E-commerce didukung beberapa faktor sebagai berikut :
- Cakupan yang luas
- Proses transaksi yang cepat E- Commerce dapat mendorong kreatifitas dari pihak penjual secara cepat dan tepat dan pendistribusian informasi yang disampaikan berlangsung secara periodic.
- E-Commerce dapat menciptakan efisiensi yang tinggi,murah serta informatif
- E-Commerce dapat meningkatkan kepuasan pelanggan,dengan pelayanan yang cepat, mudah, aman dan akurat.
- Business to Business (B2B)
- Business to Consumer (B2C)
- Consumer to Consumer (C2C)
- Consumer to Business (C2B)
- Non-Business Electronic Commerce
- Intrabusiness (Organizational) Electronic commerce
Layanan E-Commerce di dukung oleh
- Infrastruktur E-Commerce
- Pembayaran Elektronik
- Check Elektronik
- Kartu Kredit Elektronik
- Pembayaran Tunai Elektronik
- Smart Cards
- Pembayaran Person-to-Person (P2P)
- Transfer Dana Secara Elektronik
- Electronic Wallets
- Kartu Pembelian (Purchasing Card)
Pertemuan 9 : Kecerdasan Buatan (AI)
AI dapat dipandang dari berbagai perspektif kecerdasan (Intelligence), bisnis dan pemprograman (programing). AI diterapkan didunia bisnis dalam bentuk sistem pakar, jaringan saraf tiruan, algoritme genetik, dan agen cerdas. Contoh AI yaitu Pembuatan produk makanan dan minuman seperti Coca cola dan Mie Instan yang ditangani mesin produksi dan Pembuatan Mobil dalam prosesnya dibantu oleh robot mekanik untuk mempercepat proses pembuatannya.
Pertemuan 10 : Bahasa Pemprograman
Bahasa Pemrograman merupakan notasi yang dipergunakan untuk mendeskripsikan proses komputasi dalam format yang dapat dibaca oleh komputer dan manusia. Bahasa Pemrograman dirancang untuk memfasilitasi komunikasi antara manusia dengan komputer.
Tingkatan Bahasa Pemrograman
- Bahasa Mesin (Machine Languages)
- Bahasa Rakitan (Assembly Languages)
- Bahasa Tingkat Tinggi (High Level Languages)
Perbandingan tingkatan bahasa pemrograman ialah
Penambahan dua buah integer
◼ Machine Language
10100101 00000001
11100101 00000010
10000101 00000011
◼ Assembly
LOAD A
ADD B
STO C
◼ High Level (contoh dengan Pascal)
C := A + B;
Interpreter & Compiler
Interpreter merupakan sebuah program yang dapat mengerti sebuah bahasa dan mengeksekusi program yang ditulis dengan bahasa tersebut. Sedangkan Compiler merupakan program yang menterjemahkan program yang ditulis dengan sebuah bahasa menjadi program yang ditulis oleh bahasa lain.
Pertemuan 11 : Intelligent System
Supply Chain Mangement dan Sistem Informasi Terintegrasi
Supply Chain Mangement adalah perpindahan barang, informasi, pembayaran, layanan, dari perusahaan penyedia barang mentah (supplier) melalui suatu perusahaan, kepada pelanggan. Komponen dari Supply Chain Management adalah Plan, Source, Make, Deliver, Return.
Jenis-Jenis Supply Chain
✓ Integrated make-to-stock
✓ Continuous Replenishment
✓ Build-to-order
✓ Channel Assembly
- Natural Language Processing Technology
- Neural Computin
- Case-Based Reasoning
- Fuzzy Logic
Komentar
Posting Komentar