TUGAS MANDIRI V - PENGANTAR DAN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI KAMPUS MILENIAL ITBI

 Nama            : Doni Sugianto Sihotang

NIM               : 20040102

Jurusan         : Teknik Informatika

Kelas              : Siang


Soal: 

Buatlah ringkasan dari pertemuan 1-11 dari slide yang sudah diajarkan/diberikan kedalam blog masing-masing!


Pertemuan 1 : Pengantar Teknologi Informasi

TEKNOLOGI adalah ilmu yang berkaitan dengan seni atau sains dengan pengaplikasian pengetahuan saintifik ke praktis atau bisa juga merupakan aplikasi praktis dari sains dalam industri atau bisnis.
Teknologi Informasi (TI) adalah istilah terhadap berbagai macam hal dan kemampuan yang digunakan dalam pembentukan, penyimpanan, dan penyebaran informasi. Teknologi informasi bertujuan untuk memecahkan masalah, membuka akses kreativitas, efektivitas dan efisiensi. TI berfungsi Menangkap (Capture), Mengolah (Processing), Menghasilkan (Generating), Menyimpan (Storage), Mencari Kembali (Retrieval), Melakukan Transmisi (Transmission). Teknologi Informasi juga memiliki keuntungan yaitu Speed (cepat), Consistency (akurat), Precision, Reliability. Adapun prinsip dari teknologi informasi ini ialah High-Tech-High-Touch. Teknologi informasi digunakan dalam berbagai bidang seperti Akuntansi, Finance, Marketing, Produksi atau Manajemen Produksi, Manajemen Sumber Daya Manusia.

Pertemuan 2 : Komputer

Komputer ialah Peralatan elektronik yang dioperasikan dibawah kendali instruksi-instruksi yang tersimpan di dalam memorinya. Klasifikasi pada komputer adalah input→proses→output→penyimpanan→komunikasi

Komponen pada komputer yaitu peralatan  input (Input Device) dan peralatan output (Output Device). Perangkat Input adalah hardware yang digunakan untuk memasukkan data dan instruksi. Sedangkan peralatan output adalah hardware yang menyampaikan informasi ke user.

Ada 4 macam jenis komputer yaitu :
A. Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
B. Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
C. Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
D.Komputer Generasi Keempat (1970-sampai sekarang)

Pertemuan 3 : Hardware

Komponen pada hardware ialah :

  • Central Processing Unit(CPU)

CPU memiliki komponen yang terdiri dari Control Unit dan Arithmatic Logic Unit (ALU). Jenis proses dari CPU yaitu serial processing, parallel processing, dan pipeline processing. Tahapan proses pada CPU adalah pengambilan instruksi → penerjamahan instruksi → ekseskusi instruksi →penulisan hasil instruksi.

  • Media Penyimpanan atau Memory
  1. Primary Storage
     »  RAM (Random Access Memory)

• DRAM (Dynamic RAM)

• SRAM (Static RAM)

• EDORAM (Extended Data Out  RAM)

• SDRAM

    »   ROM (Read Only Memory)

• Prom

• Eprom

• Eeprom

     »  Circuit Board

     »  Cache Memory (Flash RAM)

     »  Video Memory (VRAM)

Karakteristik  dari media penyimpanan

  1. Kecepatan
  2. Volatility
  3. Metode Akses
  4. Portability 
  5. Capacity

  • Input Device (Peralatan Input)
  1. Keyboard
  2. Pointing Device
  3. Terminal 

  • Output Device (Peralatan Output)
  1. Visual Display (monitor)
  2. Printer
  3. Plotter
  4. Computer Output Microfilm (COM)
  5. Audio Response Unit (ARU)
  • Communication Device (Peralatan Komunikasi)

> Modem (Modulation Demodulation) 
» External vs Internal Modem
» Smart Modem 
 » Fax modem

Pertemuan 4 : Software dan Tipe Komputer

Program adalah sekumpulan instruksi yang digunakan untuk memerintah/mengendalikan komputer. Seseorang yang program membangun aplikasi atau software sistem disebut dengan programmer.

Software sistem adalah Program yang mengendalikan operasi-operasi dan peralatan-peralatan pada komputer. Software application adalah Program-program yang digunakan keperluan tertentu. Graphical User Interface (GUI) adalah peralatan-peralatan pada komputer digunakan untuk berinteraksi dengan software berbasis grafik dan ikon. Dan berfungsi mengendalikan bagaimana cara memasukan data dan bagaimana menampilkan informasi dilayar monitor.

Komputer memiliki beberapa kategori yaitu :

• Personal Computers (desktop)

Dibuat sehingga semua komponen dapat diletakkan di bawah meja. Terdapat dua jenis personal computers yang terkenal adalah

> PC and compatibles menggunakan Sistem Operasi Windows

> Apple Macintosh menggunakan Sistem Operasi Macintosh (Mac OS).

> Mobile computers and mobile devices

Bentuk yang kecil hingga dapat digenggam biasanya digunakan oleh pegawai/pekerja yang mobile.

• Midrange

• Mainframe computers

• Supercomputers

Pertemuan 5 : Telekomunikasi dan Jaringan

A. Telekomunikasi 

  • Sistem Telekomunikasi

> Perangkat Keras 
> Media Komunikasi 
> Jaringan Komunikasi 
> Perangkat Lunak Komunikasi 
> Penyedia Komunikasi Data 
> Protokol Komunikasi

> Aplikasi Komunikasi
  • Fungsi Sistem Telekomunikasi

> Media Telekomunikasi

> Prosesor Komunikasi Processor

> Channel dan Media Komunikasi

  • Aplikasi Telekomunikasi

» Pesan Elektronik 

» Videoconferencing 

» Pertukaran Data Elektronik  (Electronic Data Interchange / EDI) 

» Transfer Dana Elektronik (Electronic Fund Transfer/ EFT) 

»Facsimiles 

» Distance Learning

B. Jaringan 

Jaringan terdiri dari Jaringan Area Lokal (Local Area Network) dan Wide Area Networks. Sistem Operasi pada jaringan ialah :

  • Perangkat Lunak Manajemen
  • Protokol
» Ethernet 
» TCP/IP 
» Komunikasi diantara Protocol
  • Tipe Transmisi Data
» Packet Switching 
» Frame Relay 
» FDDI 
» ATM  
» dan lain-lain

Pertemuan 6 : Jaringan dan Internet

Jaringan adalah kumpulan dari komputer-komputer dan perangkat-perangkat yang saling terhubung. Sedangkan internet adalah kumpulan jaringan komputer di seluruh dunia yang menghubungkan jutaan komputer. Dengan mengakses internet pengguna dapat berkomunikasi,mendapat informasi,bisa berbelanja,menginvertasi dan perbankan,dan sebagai hiburan.

Pertemuan 7 : UTS

Pertemuan 8 : E-Commerce

E-commerce dapat diartikan sebagai suatu proses berbisnis dengan memakai teknologi elektronik yang menghubungkan antara perusahaan, konsumen dan masyarakat dalam bentuk transaksi elektronik dan pertukaran atau penjualan barang, servis, dan informasi
secara elektronik. Dalam melakukan E-Commerce penggunaan internet menjadi pilihan favorit oleh kebanyakan orang karena kemudahan-kemudahan yang dimiliki oleh jaringan internet tersebut.

E-commerce didukung beberapa faktor sebagai berikut :

  • Cakupan yang luas
  •  Proses transaksi yang cepat E- Commerce dapat mendorong kreatifitas dari pihak penjual secara cepat dan tepat dan pendistribusian informasi yang disampaikan berlangsung secara periodic.
  • E-Commerce dapat menciptakan efisiensi yang tinggi,murah serta informatif 
  • E-Commerce dapat meningkatkan kepuasan pelanggan,dengan pelayanan yang cepat, mudah, aman dan akurat.
Jenis-jenis transaksi E-commerce :

  • Business to Business (B2B)
  • Business to Consumer (B2C)
  • Consumer to Consumer (C2C)
  • Consumer to Business (C2B)
  • Non-Business Electronic Commerce
  •  Intrabusiness (Organizational) Electronic commerce

Layanan E-Commerce di dukung oleh 

  • Infrastruktur E-Commerce
  • Pembayaran Elektronik 

  1. Check Elektronik
  2. Kartu Kredit Elektronik
  3. Pembayaran Tunai Elektronik
  4. Smart Cards
  5. Pembayaran Person-to-Person (P2P)
  6. Transfer Dana Secara Elektronik
  7. Electronic Wallets 
  8. Kartu Pembelian (Purchasing Card)

Pertemuan 9 :  Kecerdasan Buatan (AI)

AI merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan
instruksi yang terkait dengan pemrograman
komputer untuk melakukan sesuatu hal - yang
dalam pandangan manusia adalah – cerdas (H.
A. Simon [1987]). AI digunakan untuk membantu menyelesaikan permasalahan manusia. Kecerdasan buatan mengalami perkembangan terus menerus sampai saat ini. Semakin banyak objek yang mampu diselesaikan oleh Kecerdasan buatan. AI bertujuan  membuat Komputer lebih cerdas,mengerti tentang kecerdasan,membuat mesin lebih berguna. Konsep dari kecerdasan buatan adalah Turing test, Pemprosesan Simbolik, Heuristic, Inferensi (penarikan kesimpulan), dan Pattern Matching (pencocokan pola).

AI dapat dipandang dari berbagai perspektif kecerdasan (Intelligence), bisnis dan pemprograman (programing). AI diterapkan didunia bisnis dalam bentuk sistem pakar, jaringan saraf tiruan, algoritme genetik, dan agen cerdas. Contoh AI yaitu Pembuatan produk makanan dan minuman seperti Coca cola dan Mie Instan yang ditangani mesin produksi dan Pembuatan Mobil dalam prosesnya dibantu oleh robot mekanik untuk mempercepat proses pembuatannya.

Pertemuan 10 : Bahasa Pemprograman

Bahasa Pemrograman merupakan notasi yang dipergunakan untuk mendeskripsikan proses komputasi dalam format yang dapat dibaca oleh komputer dan manusia. Bahasa Pemrograman dirancang untuk memfasilitasi komunikasi antara manusia dengan komputer.

Tingkatan Bahasa Pemrograman

  • Bahasa Mesin (Machine Languages)
  • Bahasa Rakitan (Assembly Languages)
  • Bahasa Tingkat Tinggi (High Level Languages)

Perbandingan tingkatan bahasa pemrograman ialah 

Penambahan dua buah integer

◼ Machine Language

10100101 00000001

11100101 00000010

10000101 00000011

◼ Assembly

LOAD A

ADD B

STO C

◼ High Level (contoh dengan Pascal)

C := A + B;

Interpreter & Compiler

Interpreter merupakan sebuah program yang dapat mengerti sebuah bahasa dan mengeksekusi program yang ditulis dengan bahasa tersebut. Sedangkan Compiler merupakan program yang menterjemahkan program yang ditulis dengan sebuah bahasa menjadi program yang ditulis oleh bahasa lain.


Semantics & Syntax

Semantics dari bahasa pemrograman 
menspesifikasikan arti dari program. Dasar mekanisme abstraksi pada bahasa pemrograman adalah penggunaan nama atau identifiers. Bagian-bagian dari semantics adalah:

• Atribut
• Binding
• Deklarasi
• Ruang Lingkup (Scope)

Sedangkan Syntax dari bahasa pemrograman menspesifikasikan struktur dari program,memiliki 2 bagian yaitu Lexical Structure dan Syntactic Structure.









Pertemuan 11 : Intelligent System

Supply Chain Mangement dan Sistem Informasi Terintegrasi

Supply Chain Mangement adalah perpindahan barang, informasi, pembayaran, layanan, dari perusahaan penyedia barang mentah (supplier) melalui suatu perusahaan, kepada pelanggan. Komponen dari Supply Chain Management adalah Plan, Source, Make, Deliver, Return.

Jenis-Jenis Supply Chain 

✓ Integrated make-to-stock

✓ Continuous Replenishment

✓ Build-to-order

✓ Channel Assembly

Sistem Penunjang Keputusan (Decision
Support System / DSS)

» Proses Pengambilan Keputusan (Decision Making Process)

» Pemodelan dalam Pengambilan Keputusan (Modeling in Decision Making)

» Framework Penunjang Keputusan Terkomputerisasi ( Framework for Computerized Decision Support)

» Karakteristik dan Kemampuan Sistem Penunjang Keputusan Komponen Sistem Penunjang Keputusan (Component of DSS)

Sistem Penunjang Keputusan (DSS) dan Web
Intelligent System Lainnya

  • Natural Language Processing Technology
  • Neural Computin
  •  Case-Based Reasoning

  •  Fuzzy Logic

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS MANDIRI VI - PENGANTAR DAN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI KAMPUS MILENIAL ITBI

UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL - PENGANTAR DAN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI KAMPUS MILENIAL ITBI

TUGAS MANDIRI I - PENGANTAR DAN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI KAMPUS MILENIAL ITBI