TUGAS MANDIRI I - PENGANTAR DAN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI KAMPUS MILENIAL ITBI

 

Nama            : Doni Sugianto Sihotang

NIM               : 20040102

Jurusan         : Teknik Informatika

Kelas              : Siang

          

Soal: 

1. Apa itu Komputer, Fungsi dan Kegunaan Komputer?

Jawab:

DEFINISI KOMPUTER

            Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon).  

 

 Sumber: Utopicomputer 
(link: https://www.utopicomputers.com/apa-itu-komputer-berikut-pengertian-dan-fungsi-komputer)

            Hamacher mendefinisikan komputer sebagai mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi. Sedangan Fuori berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

            Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.  

            Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer. 

             Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.       

 

FUNGSI KOMPUTER

a. Data Input

            Fungsi Komputer Secara Umum yang pertama adalah sebagai perangkat untuk data input. Fungsi ini adalah memungkinkan komputer menerima berbagai data atau juga informasi yang berasal dari luar lalu dimasukkan pada komputer menggunakan berbagai perangkat keras komputer sebagai sarana pendukung seperti keyboard, mouse, dan beberapa komponen lainnya.  

b. Data Processing

            Dari data yang sudah dimasukkan tersebut, proses selanjutnya adalah dilakukan processing. Pada tahap processing inilah fungsi utama dengan adanya perangkat komputer. Data yang bisa diproses pun bisa bermacam-macam sehingga nanti hasilnya bisa didapatkan sesuai dengan keinginan. Contohnya saja seperti teks, gambar, suara, video, dan lain-lain. Pengolahan data ini diproses melalui processor yang terdapat pada CPU. Fungsi dari processor itulah yang membuat komputer dapat menjalankan berbagai macam pengolahan data. 

c. Data Storage

            Fungsi Komputer Secara Umum lainnya adalah sebagai data storage atau penyimpanan semua data yang telah dibuat sebelumnya. Misalnya saja, jika Anda membuat sebuah file desain grafis yang sudah dicetak sebelumnya, maka data sebelumnya akan disimpan pada komputer sehingga dapat digunakan kembali jika dibutuhkan.

            Perangkat keras komputer yang digunakan untuk menyimpan data-data adalah Harddisk. Harddisk pun dibagi menajdi dua jenis lagi, yakni Drive harddisk atau biasa disingkat HDD dan Drive Solid State Disk atau bisa disebut SSD. Fungsi hardisk tersebut adalah dapat menyimpan berbagai data dan informasi yang telah dimasukan pada komputer. Selain itu, dengan adanya harddisk ini juga dapat menjalankan aplikasi maupun software di dalam komputer.

d. Data Output

            Fungsi terakhir adalah dapat menghasilkan data yang  masih mentah tadi menjadi data jadi. Seperti yang sudah di sebutkan sebelumnya bahwa data mentah yang belum berbentuk sesuai yang diinginkan dapat diubah menjadi data yang jadi yang diinginkan konsumen ataupun user. Contohnya saja, jika kita ingin menggabungkan dua gambar menjadi satu, maka kita dapat melakukannya dengan menggunakan komputer. Hasilnya, bisa bermacam-macam seperti pada kertas khusus foto, kertas biasa, keramik, pakaian, dan macam-macam.Namun, dengan perkembangan zaman, komputer tidak hanya digunakan untuk melakukan hal-hal standar saja. Beberapa fungsi komputer yang saat ini menjadi hal yang umum adalah sebagai berikut . 

e. Fungsi Bisnis

            Perkembangan sistem informasi akuntansi membuat sejumlah perusahaan mulai menggunakan komputer untuk mengerjakan berbagai perhitungan di dalam bisnis mereka. Contoh perangkat lunak aplikasi khusus dalam bisnis adalah software akuntansi. Dengan berbagai macam software akuntansi saat ini, fungsi aplikasi komputer untuk adminitrasi keuangan menjadi lebih mudah serta cepat. hal ini tentunya sangat membantu mempercepat kinerja karyawan perusahaan. 

f. Fungsi Pendidikan

            Saat ini, sistem ujian sekolah sudah menggunakan komputer sebagai sarana dalam menyelenggarakan ujian. Nama Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK telah menjadi istilah umum untuk anak-anak sekolah sekarang. Peran  teknologi komputer semkain dirasakan oleh siswa, guru, dan juga orang tua siswa itu sendiri. Sistem ujian dengan komputer dapat memberikan hasil yang lebih akurat serta cepat saat pengumuman hasil ujian dikeluarkan. 

g. Fungsi Hiburan dan Informasi

Komputer saat ini pun juga dapat digunakan sebagai sarana hiburan informasi. Kini kita dapat menonton film, mendengarkan musik, bermain game, sampai mendapatkan informasi juga dapat dilakukan melalui komputer yang terhubung dengan jaringan internet. Khususnya untuk jaringan internet, kita bisa mendapatkan berbagai macam informasi yang sesuai dengan keinginan kita. Begitu juga dengan film dan musik yang bisa kita akses melalui situs Youtube, dan berbagai situs sosial media lainnya.

 

KEGUNAAN KOMPUTER

a. Membantu Pekerjaan jadi Lebih Mudah dan Cepat

            Dalam dunia pekerjaan, komputer mempunyai peranan sangat penting dalam membantu mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Sebagai contoh, ketika belum ada komputer orang harus menggunakan mesin ketik untuk mengetik. Kertas akan disobek / diganti ketika ada kesalahan dalam pengetikan. Namun dengan komputer kita dapat mengeditnya berulang-ulang tanpa harus memboroskan kertas. Dan dokumen / hasil ketikan tersebut dapat disimpan dalam komputer.

b. Membantu Komunikasi

            Dahulu hanya fasilitas telepon yang dapat dijadikan alat komunikasi kepada orang yang jauh, dan itupun kita hanya bisa mendengar suaranya saja. Tidak lebih.
Berbeda dengan zaman serba canggih sekarang ini, dengan penggunaan komputer dapat berkomunikasi dengan orang yang jauh dan dapat melihat wajahnya secara langsung sambil berbicara dengannya. Bahkan kita bisa saling kirim file, gambar dan video.

c. Alat Untuk Menghibur Diri

            Hiburan termasuk suatu hal penting bagi pribadi seseorang, terutama disaat suntuk. Maka dengan komputer kita bisa mendengarkan lagu favorit dan juga dapat melihat video – video lucu yang banyak tersedia di internet (terutama di Youtube). Bagi yang hobi main game, bisa juga dengan komputer tanpa harus punya PS3 atau PSP.

d. Membantu Dunia Pendidikan

            Proses belajar zaman sekarang dengan proses belajar zaman dulu sudah jauh berbeda. Kalau dulu umumnya orang hanya bisa belajar dari sekolah / pendidikan formal lainnya. Sekarang, kita bisa menggali segudang informasi dari internet tentang segala pengetahuan. Mahasiswa mencari tugas kuliah umumnya dari internet.
Atau kita juga bisa belajar dari aplikasi – aplikasi yang sudah diinstall di komputer. Seperti Adobe Photoshop (untuk edit foto), Corel Draw (untuk design), dll.

e. Membantu Menemukan Informasi        

            Untuk manfaat yang satu ini kita perlu tambahan akses internet pada komputer. Sebab informasi yang kita butuhkan hanya ada di dunia maya / internet. Contoh informasi yang bisa diperoleh yaitu :
- Informasi Jadwal Penerbangan
- Informasi Ilmu Pengetahuan Sekolah / Kuliah.
- Informasi Lowongan Pekerjaan
- Informasi Teknik Perbaikan Komputer, Kendaraan, dll

f. Membantu Membuka Usaha

Banyak sekali bidang usaha yang dapat kita mulai hanya dengan modal komputer, diantaranya yaitu :
- Membuka Kursus Komputer
- Bisnis Online
- Percetakan dan Sablon.
- Menjadi Programmer Freelance (seperti Saya, hehee)
- Rental Komputer
- Teknisi / Instalasi Komputer.
- dll.

 

2. Komputer dan Perusahaan/Organisasi apa yang anda sekarang jalani, apakah di komputer tempat anda sangat dibutuhkan? Dan untuk apa saja komputer tersebut digunakan?

Jawab:

        Saat ini saya tidak menggunakan komputer, melainkan laptop yang bermerek Acer Aspire E1-470 yang dahulu digunakan oleh kakak saya selama berkuliah di Uiversitas Prima Indonesia. Untuk organisasi saya, sekarang ini saya sedang berkuliah di Universitas Sumatera Utara dan Institute Teknologi dan Bisnis Indonesia Kampus Milenial (double degree), tentu sebagai mahasiswa saya sangat membutuhkan laptop untuk beberapa hal seperti berikut:

a. Untuk mengerjakan tugas kuliah

b. Untuk mengakses informasi

c. Untuk menginput data-data yang diperlukan

d. Untuk menyimpan seluruh data-data yang penting perkuliahan

e. Untuk mengikuti perkuliahan lewat aplikasi zoom yang tersimpan di laptop  

 

3. Berikan pendapat anda tentang pemanfaatan di lingkungan perusahaan/organisasi tempat anda tentang komputer?

            Pemanfaatan komputer di kampus saya sangat signifikan, hal ini karena komputer sangat berguna untuk membantu memudahkan berbagai hal administrasi dalam dunia kampus seperti penyimpanan data, penyusunan data, pelaksanaan program melalui komputer dan alat komunikasi. Menurut saya penggunaan komputer ini sangatlah penting untuk melancarkan semua kegiatan perkuliahan, penggunakan alat elektronik ini juga mengusung pola kemajuan digital artinya saat ini sangat relevan menggunakan komputer karena kalau tidak, maka suatu organisasi akan kewalahan dan dianggap tidak mampu mengikuti perkembangan zaman.

 

 TERIMA KASIH

 

REFERENSI

[1] http://staffnew.uny.ac.id/upload/132309999/pendidikan/sejarah-pakt.pdf

[2] https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/komputer/pengertian-komputer.html

[3] http://blogmekanikkomputer.blogspot.com/2013/01/kegunaan-komputer-dalam-kehidupan.html

 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS MANDIRI VI - PENGANTAR DAN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI KAMPUS MILENIAL ITBI

UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL - PENGANTAR DAN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI KAMPUS MILENIAL ITBI